Kamis, 09 Mei 2013

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA INDUSTRI GAME


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA INDUSTRI GAME

Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time. Benda-benda maya menampilkan informasi berupa label maupun obyek virtual yang hanya dapat dilihat dengan kamera handphone maupun dengan komputer. Sistem dalam augmented reality bekerja dengan menganalisa secara real-time obyek yang ditangkap dalam kamera. Augmented Reality is the next big thing, it is our Future. (Lee, 2013). Contoh singkatnya kita dapat melihat gambar yang datar di sebuah kertas, tetapi karena adanya teknologi AR di dalam sebuah device, maka gambar tersebut akan berubah lebih interaktif dalam bentuk video, animasi, game dan masih banyak lagi.
Augmented Reality disini berfungsi untuk men transmisikan suatu objek. Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat augmented reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Jadi Agumented reality  menggunakannya dengan bantuan marker dan sebuah camera. Apabila marker tersebut diarahkan ke camera maka sebuah objek 3D yang merupakan karakter game tersebuat akan muncul.
            Didalam beberapa game seperti AR Defender. AR Defender adalah salah satu game berbasis augmented reality yang dapat diaplikasikan untuk iPhone. Pengaplikasian teknologi augmented reality lebih fokus pada sistem gameplay dan teknologi dibandingkan sisi cerita. Karena game augmented reality ini lebih bersifat multiplay dan tidak terlalu menonjolkan sosok cerita, jadi tidak ada yang terlalu spesial di dalam jalan cerita game ini. Meskipun begitu kita tidak perlu khawatir, bahwa game ini membosankan.
Salah satu metode augmented reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode "Markerless Augmented Reality", dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z. Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan augmented reality terbesar di dunia Total Immersion, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking. Diharapkan dengan pengembangan metode ini, dapat membuat implementasi augmented reality jauh lebih efisien, praktis, menarik, dan bisa digunakan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

Referensi:

Tugas Bahasa Indonesia
Nama   : Rio Fitriatmojo
NIM    : 10.11.3701/ SI TI-03
Dosen  : Emigawaty, M.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar